cctv parigi

header web

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Parigi - Kami Siap Membangun Zona Integritas Untuk Mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

.header zi

on . Hits: 82

PENGADILAN AGAMA PARIGI LAKSANAKAN PENYULUHAN HUKUM

DI PEMBINAAN PEMBERDAYAAN KECAMATAN TINOMBO

Tinombo, 16 Mei 2024 – Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan edukasi hukum kepada masyarakat, Ketua dan Panitera Pengadilan Agama Parigi secara langsung menjadi narasumber dalam kegiatan Pembinaan Pemberdayaan Masyarakat melalui Pemetaan Kebutuhan dan Pengkajian Teknologi Tepat Guna Sesuai Potensi Lokal Desa yang diselenggarakan di Aula Kecamatan Tinombo dan dihadiri oleh seluruh Kepala Desa se-wilayah Kecamatan Tinombo Kabupaten Parigi Moutong.

WhatsApp Image 2024 05 16 at 11.46.20 1

Dalam paparannya Ketua Pengadilan Agama Parigi Maryam, S.Ag., M.H. menjelaskan secara sekilas mengenai kedudukan dan wewenang Pengadilan Agama dalam Sistem Peradilan di Indonesia yang kemudian dilanjutkan dengan penjelasan seputar tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama Parigi sebagai Peradilan dibawah naungan Mahkamah Agung RI hal tersebut disampaikan agar masyarakat awam dapat mengetahui bahwa Pengadilan Agama Parigi tidak hanya melayani perkara Cerai saja melainkan juga layanan perkara yang lain.

Selain itu Ketua Pengadilan Agama Parigi juga menyampaikan himbauan kepada seluruh Kepala Desa agar mengingatkan kepada masyarakat di Desa dibawah kepemimpinannya tentang pentingnya memiliki Identitas Hukum sebagai Warga Negara Indonesia yang baik.

WhatsApp Image 2024 05 16 at 11.46.19

Selanjutnya Panitera Pengadilan Agama Parigi Mohammad Nursahlan, S.H.I. memaparkan  informasi mengenai Program Isbat Nikah Terpadu yang akan dilaksanakan Pengadilan Agama Parigi dalam dekat ini,  Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Pendaftaran perkara secara gratis (Perkara Prodeo),  dan kemudahan akses informasi publik. Beliau juga menjelaskan tata cara mengajukan perkara di Pengadilan Agama Parigi serta transparansi biaya perkara.

WhatsApp Image 2024 05 16 at 11.46.20

Beliau juga menekankan kepada seluruh Kepala Desa Kecamatan Tinombo bahwa Pengadilan Agama Parigi tidak pernah memungut biaya lain diluar biaya panjar perkara. Karena itu, dihimbau kepada masyarakat yang akan berperkara di Pengadilan Agama Parigi untuk mendaftarkan perkaranya langsung melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) baik datang langsung ke kantor atau melalui aplikasi e-Court.

WhatsApp Image 2024 05 16 at 11.59.37

Camat dan seluruh Kepala Desa sangat mengapresiasi kegiatan Penyuluhan Hukum yang dilakukan oleh Pengadilan Agama Parigi, menurut mereka banyak dari Kepala Desa, aparatur Desa maupun masyarakat pada Kecamatan Tinombo masih kurang memahami tugas pokok & fungsi Pengadilan Agama Parigi. Dan yang tidak kalah utama adalah mematahkan stigma yang masih ada di dalam masyarakat bahwa mencari keadilan di Pengadilan memerlukan biaya mahal dan proses yang berbelit-belit. Harapannya kegiatan Penyuluhan Hukum ini dapat secara rutin dilakukan agar terdapat Kerjasama yang baik dan berkelanjutan antara Kecamatan Tinombo dan Pengadilan Agama Parigi. (TIM_IT)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Parigi

 Jl. Sungai Pakabata, Bambalemo

 Kabupaten Parigi Moutong

 Provinsi Sulawesi Tengah

Kode Pos 94471

 Telp: 0450 - 2320911

 Fax: -

Whatsapp: 0811 400 7778

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lokasi Kantor

FB twiter instagram youtube