img_head
BERITA

KELUARGA BESAR PENGADILAN AGAMA PARIGI MEGHADIRI BUKA PUASA, TARWIH BERSAMA DAN NUZUL QUR’AN DI PENGADILAN TINGGI AGAMA PALU

Mei21

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 167 Kali


KELUARGA BESAR PENGADILAN AGAMA PARIGI MEGHADIRI BUKA PUASA, TARWIH BERSAMA DAN NUZUL QUR’AN DI PENGADILAN TINGGI AGAMA PALU

Parigi │ http://pa-parigi.go.id          

Selasa, tanggal 17 Ramadhan 1440 H. bertepatan tanggal 21 Mei 2019 M, PA Parigi menghadiri acara Buka Puasa Bersama. Acara ini diikuti oleh 3 satker terdekat di wilayah PTA Palu yaitu: PA Palu, PA Donggala dan PA Parigi, yang terdiri dari Hakim, Pegawai, Tenaga Kontrak, dan Dharmayukti Karini beserta keluarga.

Bertempat di Lapangan Tenis Indoor PTA Palu, acara dimulai pada pukul 17.00 WIB dengan pembukaan yang disampaikan oleh Agus Sukamto, S.Ag selaku pembawa acara kemudian dilanjutkan dengan khataman Qur’an dan zikir/ istigfar menjelang buka puasa bersama ini, setelah itu acara buka puasa bersama dilanjutkan adzan yang kumandangkan oleh H. Munawar, S.Ag (Panitera Pengganti PTA Palu) dan shalat magrib berjama’ah diimami oleh Arkanuddin, SHI (Kasubag PTIP PA Parigi).

Setelah santap malam bersama acara dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia oleh Drs. H. Moch. Sukkri, S.H., M.H. (Hakim Tinggi PTA Palu) dalam laporannya Ketua Panitia mengucapkan terima kasih kepada Ketua PTA Palu yang telah mendukung penuh pada kegiatan ini. Dan juga terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu atas terlaksananya kegiatan ini.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata kepada para Purnabhakti yang pernah bekerja di Lingkungan wilayah PTA Palu. Cenderamata ini diserahkan langsung oleh Ketua PTA Palu (DR. Drs. H. Abu Huraerah, S.H., M.H.) didampingi Waka PTA Palu (Drs. H. Izzuddin HM, S.H., M.H.).

Setelah shalat Isya berjama’ah acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua PTA Palu. Dalam sambutannya Ketua PTA Palu mengajak seluruh warga peradilan se-PTA Palu untuk melakukan Gerakan Tadarus al Qur’an (GERTAQ). Dengan Tadarus/membaca al Qur’an Allah memberikan kepada kita kebaikan sebagaimana sabda Rasulullah SAW “Siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan Alif Laam Miin itu satu huruf, tetapi Alif itu satu huruf dan Laam itu satu huruf dan Miim itu satu huruf.” Demikian DR. Drs. H. Abu Huraerah, S.H., M.H. mengutip salah satu HR. At TirmidziDrs. Sutarman, S.H. (mantan Ketua PA Palu) yang mewakili Purnabhakti yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua PTA Palu dan warga peradilan yang telah mengundang kami dalam acara ini. Dengan diundangnya kami disini merupakan suatu kehormatan dan  penghargaan buat kami yang Purnabhakti.  

Di akhir sambutannya Ketua PTA Palu mengutip sebuah Hadis yang diriwayatkan oleh  Muslim bahwa orang yang senantiasa mambaca al Qur’an di dunia ini pada hari kiamat nanti akan mendapatkan syafaat dari al Qur’an.

Sementara itu, Hikmah Nuzul Qur’an yang dibawakan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Palu (Drs. H. Mukhtar, S.H.,M.H.) dalam ceramahnya bahwa Perintah Puasa dan turunnya al Qur’an pada bulan Ramadhan. Salah satu perintah al Qur’an adalah untuk berlaku jujur. Kejujuran adalah modal yang paling berharga dalam menjalani aktifitas dalam kehidupan dunia ini. Orang yang dapat melaksanakan puasa adalah orang jujur karena hanya dirinya dan Allah saja tahu kalau ia puasa.

Waka PA Palu itu juga mengajak para jama’ah untuk meningkatkan interaksinya dengan Al Qur’an bukan hanya sebatas mambaca Al Qur’an akan tetapi mengetahui terjemahan serta mentadabburi al Qur’an selanjutnya  mengamalkan nilai-nilai al Qur’an dalam kehidupan ini. Dengan begitu, Insya Allah kita akan menjadikan al Qur’an sebagai petunjuk dan rahmatan lil ‘aalamiin.

Di akhir acara ini, dilaksanakan shalat tarwih dan witir berjama’ah yang diimami oleh Ustadz Drs H. M. Natsir (Hakim PA Palu).  Selanjutnya acara dilanjutkan dengan acara ramah tamah dengan semua tamu undangan. (IT PA Parigi)

  • Galeri