img_head
BERITA

BERKAT KERJA KERAS, PA PARIGI KEMBALI JUARA I PUBLIKASI PUTUSAN PERIODE MEI 2018 SE-WILAYAH PTA SULTENG

Jun28

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 171 Kali


BERKAT KERJA KERAS, PA PARIGI KEMBALI JUARA I PUBLIKASI PUTUSAN PERIODE MEI 2018 SE-WILAYAH PTA SULTENG

Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Tengah pada hari Kamis (28/6/2018) kembali merilis pengadilan agama yang berada di wilayah hukumnya yang aktif mempublikasikan putusan ke website Direktori Putusan Mahkamah Agung RI: https://putusan.mahkamahagung.go.id. Meskipun agak terlambat pengumuman tersebut, namun hal itu dapat dimaklumi mengingat hari kerja bulan Juni ini terbilang singkat karena diselingi cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1439 H yang sangat panjang.

Untuk diketahui, PTA Sulteng membawahi 9 pengadilan agama tingkat pertama, yaitu PA Palu, PA Luwuk, PA Poso, PA Tolitoli, PA Donggala, PA Buol, PA Bungku, PA Banggai, dan PA Parigi. Pengadilan agama yang berhasil mengunggah 100 % (seratus persen) putusannya ke website Direktori Putusan Mahkamah Agung RI berhak meraih peringkat pertama publikasi putusan.

Sepanjang bulan Mei tahun 2018, PA Parigi berhasil memutus 53 perkara; 50 perkara gugatan dan 3 perkara permohonan. Meskipun perkara yang putus pada bulan Mei ini antara yang terbanyak dibandingkan dengan bulahn-bulan sebelumnya, ditambah pula dalam suasan berpuasa di bulan Ramadhan 1439 H, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat pihak-pihak terkait di PA Parigi untuk tetap menyelesaikan segala hal yang berkaitan dengan perkara tersebut, termasuk minutasi dan publikasi putusan.

PA Parigi berhasil menduduki peringkat pertama publikasi putusan periode bulan Mei 2018 sewilayah PTA Sulawesi Tengah, karena berhasil mengunggah dan/atau seluruh perkara yang diputus sepanjang bulan Mei tahun 2018 ke website Direktori Putusan Mahkamah Agung RI: https://putusan.mahkamahagung.go.id..

Selain PA Parigi, ada lagi PA Banggai yang berhasil mengunggah putusannya seratus persen ke website Direktori Mahkamah Agung RI. Ia pun berhak menduduk peringkat pertama bersama-sama dengan PA Parigi.

Petugas publikasi putusan PA Parigi, Qadariyah, S.H. menyampaikan apresiasinya terhadap kerja sama semua pihak hingga prestasi ini dapat diraih sembari tetap berharap agar usaha dan kerja keras ini terus dipertahankan.

“Satu-satunya kunci untuk mempertahankannya adalah kerja sama semua pihak yang terlibat dalam publikasi putusan ini. Tanpa kerja sama yang baik, sulit rasanya memperoleh kedudukan teratas dalam hal publikasi putusan selama lima bulan berturut-turut sejak bulan Januari hingga bulan Mei 2018”, tambahnya lagi.

Untuk ketahui, publikasi putusan pada dasarnya merupakan bentuk pertanggungjawaban lembaga peradilan kepada masyarakat atas kerja-kerja yang telah dilakukannya. Ia juga merupakan komitmen lembaga peradilan dalam mewujudkan keterbukaan informasi kepada masyarakat luas. Komitmen ini pulalah yang akan terus menjadi pegangan PA Parigi. (Idhan IT - Hasan)

  • Galeri